Skripsi S1

Record Data Skripsi S1
MhswID :
160502030
Judul :
Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa Perantauan (Studi Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa Asal Malaysia Di UIN Siska Riau)
Penulis :
RANI JULIA PURWANTI
Abstrak :
Penelitian ini berfokus untuk mencari tahu bagaimana mahasiswa yang merantau yang mengalami culture shock dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa asal Malaysia di Universitas Sultan Syarief Qasim Riau dengan menggunakan teori kurva U dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian merupakan mahasiswa/i asal Malaysia semester 5 yang berjumlah 4 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam, studi literatur dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa setiap reaksi culture shock yang dialami setiap mahasiswa/i akan berbeda tergantung bagaimana culture shock itu sendiri mempengaruhi kehidupannya dan bagaimana mahasiswa/i tersebut dapat mengatasinya dalam jangka waktu yang panjang ataupun pendek. Dan dampak yang terjadi setelah mahasiswa asal Malaysia mengalami culture shock ditunjukkan dengan mereka beradaptasi di lingkungan baru. Culture shock merupakan hal yang sangat normal terjadi pada setiap mahasiswa/i yang memasuki daerah atau lingkungan baru yang belum pernah dikunjunginya yang sangat berbeda dengan lingkungan tempat asalnya. Dalam culture shock terdapat empat fase yaitu fase pertama adalah fase honeymoon, yang kedua adalah fase crisis/culture shock, ketiga adalah fase adjustment, dan yang terakhir adalah fase adaptation.
Abstrak Inggris :
This study focuses on finding out how students who have gone abroad who experience culture shock can adapt to their new environment. This research was conducted on students from Malaysia at Sultan Syarief Qasim University Riau using the U curve theory with a qualitative descriptive approach. The research subjects were 4 students from Malaysia in semester 5. Data collection techniques used in this study were observation, in-depth interviews, literature study and documentation. The results obtained in this study indicate that each culture shock reaction experienced by each student will be different depending on how culture shock itself affects their life and how the student can handle it in the long or short term. And the impact that occurs after Malaysian students experience culture shock is shown by adapting to a new environment. Culture shock is a very normal thing that happens to every student who enters a new area or environment that he has never visited, which is very different from the environment where he came from. In culture shock, there are four phases, namely the first phase is the honeymoon phase, the second is the crisis / culture shock phase, the third is the adjustment phase, and the last is the adaptation phase.
Tahun :
2021
Bab 4 :
Bab 5 :
Na :
A
Loading, updating changes...



UPT. Perpustakaan & UPT. TIPD UMRI

  • Kampus Utama : Jl. Tambusai / Jl. Nangka, Kecamatan Tampan
  • Kota Pekanbaru, Provinsi Riau

    E-Mail : pustaka@umri.ac.id - Website : http://lib.umri.ac.id - Smart Library : http://smartlib.umri.ac.id - Jurnal : http://jurnal.umri.ac.id

    Smartlib v1.3 © 2019 UPT TIPD UMRI. All Rights Reserved.