Skripsi S1

MhswID :
160301074
Judul :
PENGARUH STRATEGIC COSTING SEBAGAI STRAREGIC MANAGEMENT ACCOUNTING TECHNIQUES TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA ORGANISASI
Penulis :
AIDIL ZAFITRA
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategic costing sebagai strategic management accounting techniques terhadap kinerja organisasi melalui keunggulan bersaing sebagai variabel intervening. Populasi yang menjadi objek penelitian yaitu seluruh UMKM bidang makanan dan minuman di Pekanbaru sebanyak 269 UMKM. Kemudian teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria : 1) UMKM bidang makanan dan minuman yang terdaftar secara online pada portal www.ukmriau.com, 2) UMKM merupakan usaha yang memproduksi olahan makanan dan minuman, 3) Lamanya usaha berdiri minimal 2 tahun, karena dianggap para pelaku usaha ini telah mampu bertahan dan menjalankan usahanya dengan baik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada pemilik UMKM, didapatlah sampel penelitian ini sebanyak 139 responden. Namun responden yang dapat berpartisipasi dalam penelitian ini sebanyak 85 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur path (path analysis). Hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa : 1) secara parsial strategic costing berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, 2) secara parsial strategic costing berpengaruh terhadap kinerja organisasi, 3) secara parsial keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kinerja organisasi, 4) strategic costing berpengaruh terhadap kinerja organisasi melalui keunggulan bersaing sebagai variabel intervening.
Abstrak Inggris :
This study aims to determine the effect of strategic costing as strategic management accounting techniques on organizational performance through competitive advantage as an intervening variable. The population that is the object of research is all MSMEs in the food and beverage sector in Pekanbaru as many as 269 MSMEs. Then the sampling technique used purposive sampling with criteria :. 1) MSMEs in the food and beverage sector registered online on the www.ukmriau.com portal, 2) MSMEs are businesses that produce processed food and beverages, 3) The duration of the business is at least 2 years, because it is considered that these business actors have been able to survive and run their business well. The method of data collection in this research is by distributing questionnaires to the owners of MSMEs. The total respondents who can participate in this study are 85 respondents. The data analysis technique used in this research is path analysis. The test results can be concluded that: 1) partially strategic costing has an effect on competitive advantage, 2) partially strategic costing has an effect on organizational performance, 3) partially competitive advantage has an effect on organizational performance, 4) strategic costing has an effect on organizational performance through competitive advantage. as an intervening variable.
Tahun :
2022
Na :
A



UPT. Perpustakaan & UPT. TIPD UMRI

  • Kampus Utama : Jl. Tambusai / Jl. Nangka, Kecamatan Tampan
  • Kota Pekanbaru, Provinsi Riau

    E-Mail : pustaka@umri.ac.id - Website : http://lib.umri.ac.id - Smart Library : http://smartlib.umri.ac.id - Jurnal : http://jurnal.umri.ac.id

    Smartlib v1.3 © 2019 UPT TIPD UMRI. All Rights Reserved.