Beranda
Skripsi
Jurnal Online
Prosiding
E-Book
Disertasi
Thesis
Review Karya Ilmiah
Sciencedirect
Halaman Petugas
MENU
Tentang SmartLib
Bantuan Pengguna
Skripsi S1
Record Data Skripsi S1
MhswID :
170402073
Judul :
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP PENERAPAN E-LEARNING MENGGUNAKAN METODE E-SERVQUAL (STUDI KASUS : SMA NEGERI 8 PEKANBARU)
Penulis :
NINDIA RAHMASARI
Abstrak :
ABSTRAK Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan E-Learning Menggunakan Metode E-Servqual (Studi Kasus: SMA Negeri 8 Pekanbaru) SMA Negeri 8 Pekanbaru meruapakan salah satu sekolah yang sudah menerapkan sistem pembelajaran menggunakan E-Learning untuk menunjang aktivitas pembelajarannya. Pihak SMA Negeri 8 Pekanbaru belum pernah melakukan survei atau penelitian sebelumnya mengenai respon pengguna E-Learning terhadap semua atribut–atribut yang ditawarkan dalam pelaksanaan penerapan E-Learning terhadap kepuasan pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode E-Servqual (Electronic Service Quality). Metode E-Servqual ini memiliki tujuh dimensi yaitu efesiensi (efficiency), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), keamanan (privacy), pemenuhan (fulfillment), kompensasi (compensation) dan kontak (contact). Pada hasil analisis koefisien determinasi dapat diketahui R square sebesar 0,778, hal ini mengandung arti bahwa pengaruh variabel bebas yaitu efficiency (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), privacy (X4), fulfillment (X5), compensation (X6) dan contact (X7) secara bersama – sama atau simultan dalam menjelaskan variabel terikat yaitu variabel kepuasan pengguna (Y) adalah sebesar 77,8%. Dari hasil uji secara simultan (uji F) secara keseluruhan dapat diketahui bahwa nilai F hitung 148,922 > F tabel 2,24, sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh variabel efficiency (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), privacy (X4), fulfillment (X5), compensation (X6), dan contact (X7) mempunyai pengaruh secara bersama – sama (simultan) terhadap variabel kepuasan pengguna (Y). Bedasarkan hasil pengolahan data menenjukan bahwa tingkat kepuasan pengguna terhadap penerapan E-Learning menurut siswa belum memuaskan karena ada variabel yang bernilai negatif. Kata Kunci: Analisis Kepuasan Pengguna, E-Learning, E-Servqual, Siswa/I SMA Negeri 8 Pekanbaru.
Abstrak Inggris :
ABSTRACT Analysis of User Satisfaction Levels with the Implementation of E-Learning Using the E-Servqual Method (Case Study: SMA Negeri 8 Pekanbaru) SMA Negeri 8 Pekanbaru is one of the schools that has implemented a learning system using E-Learning to support learning activities. SMA Negeri 8 Pekanbaru has never conducted a survey or previous research regarding the response of E-Learning users to all the attributes offered in the implementation of E-Learning implementation on user satisfaction. The method used in this research is the E-Servqual (Electronic Service Quality) method. This E-Servqual method has seven dimensions, namely efficiency, reliability, responsiveness, privacy, fulfillment, compensation and contact. In the analysis of the coefficient of determination, it can be seen that R square is 0.778, this means that the influence of the independent variables is efficiency (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), privacy (X4), fulfillment (X5), compensation (X6) and contact (X7) together or simultaneously in explaining the dependent variable, namely the user satisfaction variable (Y) is 77.8%. From the results of the simultaneous test (F test) as a whole, it can be seen that the calculated F value is 148.922 > F table 2.24, so it can be concluded that H1 is accepted which means that there is an effect of efficiency (X1), reliability (X2), responsiveness (X3) variables. , privacy (X4), fulfillment (X5), compensation (X6), and contact (X7) have a simultaneous (simultaneous) influence on the user satisfaction variable (Y). Based on the results of data processing shows that the level of user satisfaction with the implementation of E-Learning according to students is not satisfactory because there are variables that have negative values. Keywords: User Satisfaction Analysis, E-Learning, E-Servqual, Students of SMA Negeri 8 Pekanbaru.
Tahun :
2022
Cover :
6377c-cover.pdf
Bab 1 :
e435e-bab-i.pdf
Bab 2 :
24910-bab-ii.pdf
Bab 3 :
cbbdf-bab-iii.pdf
Bab 4 :
20ddf-bab-iv.pdf
Bab 5 :
5ca87-bab-v.pdf
Na :
A
Loading, updating changes...
UPT. Perpustakaan & UPT. TIPD UMRI
Kampus Utama : Jl. Tambusai / Jl. Nangka, Kecamatan Tampan
Kota Pekanbaru, Provinsi Riau
E-Mail :
pustaka@umri.ac.id
- Website :
http://lib.umri.ac.id
- Smart Library :
http://smartlib.umri.ac.id
- Jurnal :
http://jurnal.umri.ac.id
Smartlib v1.3 © 2019 UPT TIPD UMRI. All Rights Reserved.