Skripsi S1

MhswID :
160601015
Judul :
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TATAP MUKA DAN VIDEO CONFERENCE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER JARINGAN DASAR KELAS X DI SMK TELKOM PEKANBARU
Penulis :
LILI ARIANA
Abstrak :
ABSTRAK PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TATAP MUKA DAN VIDEO CONFERENCE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER JARINGAN DASAR KELAS X DI SMK TELKOM PEKANBARU (LILI ARIANA) Dalam skripsi ini ada permasalahan yang dikaji yaitu, apakah ada perbandingan antara pembelajaran daring dan luring terhadap hasil belajar komputer jaringan dasar kelas x tkj di SMK TELKOM Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar perbandingan hasil antara model pembelajaran daring dan luring pada mata pelajaran komputer jaringan dasar dengan menggunakan metode kuantitatif. Yang diperoleh dengan observasi, tes (posstest dan preetest), dan metode dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji normalitas data. Dengan semua penelitian yang telah dilakukan hasil yang diperoleh yaitu adanya Setelah proses pembelajaran dilaksanakan, siswa diberikan posttest untuk mengukur hasil belajar. Rata – rata posttest tatap muka adalah 81 sedangkan rata-rata posttest daring adalah 86. Adanya pretest dan posttest ini dapat digunakan untuk mengetahui perubahan hasil belajapembelajaran tatap muka dan daring.. Dari data tersebut dapat dikatakan bahwa rata-rata selisih hasil belajar daring lebih rendah dibandingkan kelas hasil belajar tatap muka. Ini berarti bahwa pembelajaran langsung secara tatap muka lebih mudah untuk memahami materi pembelajaran dibandingkan dengan pembelajaran daring dari rumah. Kata kunci : Perbandingan Tatap muka, Daring dan Hasil Belajar
Abstrak Inggris :
ABSTRACT COMPARISON OF FACE-TO-FACE LEARNING MODELS AND VIDEO CONFERENCE TOWARDS LEARNING OUTCOMES IN BASIC NETWORK COMPUTER SUBJECT AT CLASS X OF SMK TELKOM PEKANBARU (LILI ARIANA) The problem studied in the present study is whether there is a comparison between online and offline learning on the learning outcomes in basic network computer subject at class x TKJ of SMK TELKOM Pekanbaru. This study aims to find out how significant is the comparison of results between online and offline learning models in basic computer network subject using quantitative methods. Data were obtained through observation, tests (posttest and pretest), and documentation. Data were then analyzed by using normality test, homogeneity test, and data normality test. After the learning process was carried out, students were given a posttest to measure learning outcomes. The results show that the average score in face-to-face posttest is 81 while the average of online posttest is 86. The existence of this pretest and posttest can be used to determine changes in face-to-face and online learning outcomes. From these data it can be said that the average difference in online learning outcomes is lower compared to face-to-face learning outcomes. This means that face-to-face direct learning is easier to be understood by students compared to online learning from home. Keywords : Comparison of Face-to-face, Online and Learning Outcomes
Tahun :
2022
Na :
A



UPT. Perpustakaan & UPT. TIPD UMRI

  • Kampus Utama : Jl. Tambusai / Jl. Nangka, Kecamatan Tampan
  • Kota Pekanbaru, Provinsi Riau

    E-Mail : pustaka@umri.ac.id - Website : http://lib.umri.ac.id - Smart Library : http://smartlib.umri.ac.id - Jurnal : http://jurnal.umri.ac.id

    Smartlib v1.3 © 2019 UPT TIPD UMRI. All Rights Reserved.