Skripsi S1

MhswID :
170601020
Judul :
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MODEL STORYTELLING PADA MATERI OPERASI PECAHAN UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR
Penulis :
RAHMATUL AULIA
Abstrak :
ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MODEL STORYTELLING PADA MATERI OPERASI PECAHAN UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR Rahmatul Aulia Matematika merupakan salah satu matapelajaran yang wajib dilaksanakan pada setiap jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi karena perannya yang sangat penting, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam bidang teknologi dan ilmu sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran model storytelling untuk memudahkan siswa dalam memahami materi operasi pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Adapun tahapan ADDIE yaitu, Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah subjek ahli, yaitu ahli media dan ahli materi, serta subjek pengguna, yaitu siswa kelas 5 SDN 102 Pekanbaru. Penentuan subjek pengguna tersebut dilakukan dengan Random Sampling, yang terdiri dari 14 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Angket ini digunakan untuk menilai media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penilaian terhadap kelayakan media pembelajaran oleh ahli materi mendapatkan skor presentase 90,38% dengan kategori “Sangat Layak”, dan ahli media mendapatkan skor presentase 89,47% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan uji responden mendapatkan skor presentase 89,03% dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran interaktif model storytelling pada materi operasi pecahan untuk kelas 5 sekolah dasar ini layak digunakan. Kata kunci : Media pembelajaran Interaktif, Pengembangan Media, Smart Apps Creator.
Abstrak Inggris :
ABSTRACT DEVELOPMENT OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA WITH STORYTELLING MODELON OPERATING FRACTION MATERIALS FOR CLASS V ELEMENTARY SCHOOL Rahmatul Aulia Mathematics is one of the subjects that must be taught at every level of education from elementary school to university because of its very important role, both in everyday life and in the fields of technology and science. This study aims to develop a learning media with a storytelling model learning approach to make it easier for students to understand fraction operations. This research is a Research and Development (R&D) with the ADDIE model. The stages of ADDIE are Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The test subjects in this study were expert subjects, namely media and material experts, and user subjects, namely 5th grade students of SDN 102 Pekanbaru. The user subject was selected by using Random Sampling, which consists of 14 students. The data collection technique was done by using a questionnaire. This questionnaire is used to assess the learning media developed. The results of the assessment of the feasibility of learning media by material experts got a percentage score of 90.38% in the "Very Eligible" category, and media experts got a percentage score of 89.47% in the "Very Eligible" category. Furthermore, the respondent test got a percentage score of 89.03% in the "Very Eligible" category. Based on the results of the research conducted, it could be concluded that the storytelling interactive learning media on the fraction operation material for grade 5 elementary school was feasible to use. Keywords: Interactive learning media, Media Development, Smart Apps Creator.
Tahun :
2022
Cover :
Na :
A



UPT. Perpustakaan & UPT. TIPD UMRI

  • Kampus Utama : Jl. Tambusai / Jl. Nangka, Kecamatan Tampan
  • Kota Pekanbaru, Provinsi Riau

    E-Mail : pustaka@umri.ac.id - Website : http://lib.umri.ac.id - Smart Library : http://smartlib.umri.ac.id - Jurnal : http://jurnal.umri.ac.id

    Smartlib v1.3 © 2019 UPT TIPD UMRI. All Rights Reserved.