Skripsi S1

MhswID :
170103079
Judul :
Pengembangan Strategi pemasaran IQO Donut Menggunakan Pendekatan Blue Ocean Strategy (BOS)
Penulis :
MUHAYATUL ASLAM
Abstrak :
Pada perkembangan bisnis sering menghadapi masalah baik internal maupun ekternal. Menyadari akan hal tersebut mengharuskan pengusaha melakukan pengembangan bisnis. Oleh sebab itu diperlukan strategi pengembangan usaha yang tepat dan baik. Salah satu pendekatan yang bisa digunakan untuk melakukan startegi pengembangan usaha adalah pendekatan Blue Ocean Strategy. Blue Ocean Strategy adalah suatu bentuk gagasan inovatif yang menciptakan ruang pasar yang terhindar dari pesaingan yang ketat. Adapun dalam penelitian ini bertujuan membuat pengembangan strategi pada UKM IQO Donuts dengan pendekatan Blue Ocean Strategy. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasilnya, yaitu untuk kekuatan yang dimiliki oleh UKM IQO Donuts terdapat pada variabel menu paket, varian rasa, kualitas pelayanan, situasi dan kenyamanan tempat, menu tambahan. Sedangkan untuk variabel kelemahan yaitu tampilan kemasan, harga yang ditawarkan, tempat menunggu pesanan, promosi, dan penempatan banner. Untuk rancangan strategi baru berdasarkan pendekatan Blue Ocean Strategy yaitu fokus pada peningkatan variabel lemah yang akan dapat meningkatkan ke target pasar baru yang akan dituju. Untuk fokus strategi UKM IQO Donuts lebih kearah variabel pengadaan donat bentuk love dan kotak, pengadaan donat berisi potongan buah di dalamnya dan promosi. Terakhir penerapan Blue Ocean Strategy sebagai rancangan pengembangan usaha dapat diterapkan karena pada saat ini UKM IQO donuts dalam identifikasi metode SWOT berada di posisi kuandran III. . Kata Kunci: Blue Ocean Strategy (BOS), Donat, Strategi pengembangan usaha, SWOT.
Abstrak Inggris :
Business development often faces problems both internally and externally. Realizing this requires entrepreneurs to develop business. Therefore, a proper and good business development strategy is needed. One approach that can be used to implement a business development strategy is the Blue Ocean Strategy approach. Blue Ocean Strategy is a form of innovative idea that creates a market space that avoids stiff competition. This research aims to develop a strategy for SMEs IQO Donuts with the Blue Ocean Strategy approach. Based on the research that has been done, the results are obtained, namely for the strengths possessed by IQO Donuts UKM are in the package menu variables, taste variants, service quality, situation and comfort of the place, additional menus. As for the weakness variables, namely the appearance of the packaging, the price offered, where to wait for orders, promotions, and banner placement. For the design of a new strategy based on the Blue Ocean Strategy approach, namely focusing on increasing weak variables that will be able to increase to the new target market to be addressed. To focus the IQO Donuts SME strategy more towards the variable of procuring donuts in the form of love and boxes, procuring donuts containing pieces of fruit inside and promotions. Finally, the implementation of the Blue Ocean Strategy as a business development plan can be applied because at this time IQO Donuts SMEs in the identification of the SWOT method are in a quadrant III position. Keywords: Blue Ocean Strategy (BOS), Donuts, Business development strategy, SWOT.
Tahun :
2022
Na :
A



UPT. Perpustakaan & UPT. TIPD UMRI

  • Kampus Utama : Jl. Tambusai / Jl. Nangka, Kecamatan Tampan
  • Kota Pekanbaru, Provinsi Riau

    E-Mail : pustaka@umri.ac.id - Website : http://lib.umri.ac.id - Smart Library : http://smartlib.umri.ac.id - Jurnal : http://jurnal.umri.ac.id

    Smartlib v1.3 © 2019 UPT TIPD UMRI. All Rights Reserved.