Skripsi S1

MhswID :
170103074
Judul :
ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN DI CV. AKSARA IT SOLUTION
Penulis :
IKSAN FARID
Abstrak :
CV. Aksara IT Solution merupakan instansi yang bergerak dibidang jasa dan penjualan. Untuk dapat bersaing dengan instansi yang sejenis lainnya, maka CV. Aksara IT Solution ini harus mengetahui seberapa penting dan puas konsumen terhadap produk yang dijual agar konsumen semakin meningkat. CV. Aksara IT Solution ini baru berdiri 1 tahun, oleh karena itu penting untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dan juga strategi pemasaran yang mempunyai peranan penting untuk meningkatkan pendapatan. Oleh karena itu CV. Aksara IT Solution dalam memilih strategi pemasaran harus melalui proses perencanaan, perhitungan dan pertimbangan yang sesuai dan tepat sasaran. Tujuan dari ini adalah mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dengan metode Customer Satisfaction Index dan menentukan perancangan strategi pemasaran terbaik dengan SWOT. Berdasarkan pengolahan data menggunakan metode CSI dan SWOT, perhitungan dengan metode CSI dilakukan dengan merancang kuesioner terbuka untuk menentukan varibel lalu merancang kuesioner tertutup dan dilakukan penyebaran kuesioner, lalu dilakukan uji validitas dan reabilitas, setelah itu melakukan perhitungan CSI yang mendapatkan hasil 61,2% kategori cukup puas. Ini bisa ditingkatkan lagi dengan strategi pemasaran menggunakan SWOT, untuk strategi pemasaran didapatkan bahwa posisi CV. Aksara IT Solution berada pada kuadran I yang mana CV. Aksara IT Solution sebuah usaha yang kuat dan berpeluang, rekomendasi strategi yang diberikan adalah progresif, artinya usaha dalam kondisi prima dan mantap sehingga sangat dimungkinkan untuk terus melakukan ekspansi, memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal.
Abstrak Inggris :
CV. Aksara IT Solution is an agency engaged in services and sales. To be able to compete with other similar agencies, then CV. Aksara IT Solution script must know how important and satisfied consumers are with the products being sold so that consumers will increase. CV. Aksara IT Solution has only been established for 1 year, therefore it is important to know the level of customer satisfaction and also the marketing strategy that has an important role to increase revenue. Therefore CV. The IT Solution script in choosing a marketing strategy must go through a process of planning, calculation and consideration that is appropriate and on target. The purpose of this research is to determine the level of customer satisfaction with the Customer Satisfaction Index method and determine the best marketing strategy design with SWOT. Based on data processing using the CSI and SWOT methods, calculations using the CSI method were carried out by designing an open questionnaire to determine the variables then designing a closed questionnaire and distributing questionnaires, then testing the validity and reliability, after that doing the CSI calculations which got 61.2% results in categories quite satisfied. This can be improved again with a marketing strategy using SWOT, for the marketing strategy it is found that the position of CV. Aksara IT Solution is in quadrant I where CV. Aksara IT Solution is a strong and potential business, the strategy recommendations given are progressive, meaning that the business is in prime and steady condition so that it is very possible to continue to expand, increase growth and achieve maximum progress.
Tahun :
2022
Na :
A



UPT. Perpustakaan & UPT. TIPD UMRI

  • Kampus Utama : Jl. Tambusai / Jl. Nangka, Kecamatan Tampan
  • Kota Pekanbaru, Provinsi Riau

    E-Mail : pustaka@umri.ac.id - Website : http://lib.umri.ac.id - Smart Library : http://smartlib.umri.ac.id - Jurnal : http://jurnal.umri.ac.id

    Smartlib v1.3 © 2019 UPT TIPD UMRI. All Rights Reserved.