Skripsi S1

Record Data Skripsi S1
MhswID :
180502012
Judul :
PERSONAL BRANDING ANGGOTA DPD-RI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @edwinpapu
Penulis :
RAYUSMAN ABDULLAH
Abstrak :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya penggunaan sosial media Instagram sebagai media pembentukan personal branding. Salah satunya yang dilakukan oleh Anggota DPD RI Edwin Pratama Putra pada akun Instagram pribadinya @edwinpapu yang bertujuan untuk mengetahui bentuk personal branding Edwin Pratama Putra melalui akun Instagram @edwinpapu dan Konsep Personal Branding apa saja yang ditonjolkan untuk membangun personal branding tersebut. Adapun konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Konsep Personal Branding Menurut Montoya. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam dengan dua informan sebagai subjek penelitian yaitu Edwin Pratama Putra sebagai pemilik akun Instagram @edwinpapu dan sebagai anggota DPD RI, dan Rio Rinaldi sebagai staff ahli dari Edwin Pratama Putra dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yakni dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk personal branding Edwin Pratama Putra pada akun Instagram @edwinpapu adalah personal branding yang positif. Edwin Pratama Putra menonjolkan delapan konsep personal branding di akun Instagramnya menurut Montoya antara lain adalah : Spesialisasi, Kepemimpinan, Kepribadian, Perbedaan, Terlihat, Kesatuan, Keteguhan, dan Nama Baik. Dan dari konsep personal branding tersebut, akun Instagram @edwinpapu juga aktif menggunakan fitur-fitur dari Instagram mulai dari memposting foto atau video di feeds, Instastory, Reels, serta Berbalas pesan di Kolom Komentar sebagai bentuk strategi yang dilakukan oleh Edwin Pratama Putra dalam membentuk personal branding. Selain itu, penggunaan Instagram ini juga dapat memudahkan Edwin Pratama Putra sebagai Anggota DPD RI untuk berkomunikasi dan melakukan pendekatan dengan masyarakat luar melalui media sosial. Kata Kunci : Personal Branding, Sosial Media, Instagram
Abstrak Inggris :
This research is motivated by the widespread use of social media Instagram as a medium for forming personal branding. One of them was carried out by DPD RI Member Edwin Pratama Putra on his personal Instagram account @edwinpapu which aims to find out the form of Edwin Pratama Putra's personal branding through the Instagram account @edwinpapu and what Personal Branding Concepts are highlighted to build this personal branding. The concept used in this study is the Personal Branding Concept According to Montoya. This research uses a qualitative descriptive study method. The data collection technique was carried out using in-depth interview techniques with two informants as research subjects, namely Edwin Pratama Putra as the owner of the Instagram account @edwinpapu and as a member of the DPD RI, and Rio Rinaldi as expert staff from Edwin Pratama Putra and literature studies. The data analysis technique is by collecting data, reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The results of this study indicate that Edwin Pratama Putra's form of personal branding on the Instagram account @edwinpapu is positive personal branding. According to Montoya, Edwin Pratama Putra highlights eight personal branding concepts on his Instagram account, including: Specialization, Leadership, Personality, Difference, Visible, Unity, Firmness, and Good Name. And from this personal branding concept, the Instagram account @edwinpapu also actively uses features from Instagram, starting from posting photos or videos on feeds, Instastory, Reels, and replying to messages in the Comment Column as a form of strategy undertaken by Edwin Pratama Putra in forming personal branding. In addition, the use of Instagram can also make it easier for Edwin Pratama Putra as a DPD RI Member to communicate and approach outsiders through social media. Keywords: Personal Branding, Social Media, Instagram
Tahun :
2022
Na :
A
Loading, updating changes...



UPT. Perpustakaan & UPT. TIPD UMRI

  • Kampus Utama : Jl. Tambusai / Jl. Nangka, Kecamatan Tampan
  • Kota Pekanbaru, Provinsi Riau

    E-Mail : pustaka@umri.ac.id - Website : http://lib.umri.ac.id - Smart Library : http://smartlib.umri.ac.id - Jurnal : http://jurnal.umri.ac.id

    Smartlib v1.3 © 2019 UPT TIPD UMRI. All Rights Reserved.