Beranda
Skripsi
Jurnal Online
Prosiding
E-Book
Disertasi
Thesis
Review Karya Ilmiah
Sciencedirect
Halaman Petugas
MENU
Tentang SmartLib
Bantuan Pengguna
Skripsi S1
Record Data Skripsi S1
MhswID :
180501008
Judul :
Komunikasi Interpersonal Orang tua dengan Anak Autis dalam Memberikan Pendidikan Seksual
Penulis :
DIAN PURNAMA SARI
Abstrak :
ABSTRAK KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DENGAN ANAK AUTIS DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN SEKSUAL Skripsi ini membahas komunikasi interpersonal orang tua dengan anak autis dalam memberikan Pendidikan seksual. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan fokus pada komunikasi interpersonal orang tua dengan anak autis dalam memberikan pendidikan seksual menggunakan simbol-simbol menurut George Herbert Mead yakni berdasarkan data yang dikumpulkan dari wawancara dan dokumentasi lalu data tersebut diklarifikasikan dalam kategori-kategori tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang terjalin antara orang tua dengan anak autis adalah dua arah. Pesan yang disampaikan orang tua dengan anak autis dalam memberikan pendidikan seksual menggunakan simbol-simbol mampu ditangkap dan diterjemahkan dengan baik didalam pikiran mereka. Berdasarkan tingkat keterampilan berbicara anak autis, penyesuaian pendekatan komunikasi, seperti menggunakan kalimat yang sederhana, isyarat dan gestur, serta mengintegrasikan dukungan visual, membantu menciptakan lingkungan yang mendukung dan memastikan pemahaman yang optimal. Meskipun komunikasi antara orang tua dengan anak autis tidak selalu efektif, ada upaya yang dilakukan untuk membuatnya berhasil. Peran orang tua sangat penting dalam mengenalkan pendidikan seksual kepada anak autis. Selain itu, guru juga bisa membantu peran orang tua dalam memberikan pendidikan seksual ketika di sekolah. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Anak Autis, Pendidikan Seksual
Abstrak Inggris :
ABSTRACT This thesis discusses interpersonal communication between parents and autistic children in providing sexual education. This research uses qualitative methods with a focus on interpersonal communication between parents and autistic children in providing sexual education using symbols according to George Herbert Mead, which is based on data collected from interviews and documentation and then the data is clarified in certain categories. The results of this study indicate that interpersonal communication between parents and autistic children is two way. Messages conveyed by parents with autistic children in sexual education using symbols can be well captured and translated in their minds. Depending on the level of the autistic child's language skills, adapting communication approaches, such as using simple sentences, cues and gestures, and integrating visual supports, will help create a supportive environment and ensure optimal understanding. Although communication between parents and autistic children is not always effective, efforts are made to make it work. The role of parents is very important in introducing sexual education to children with autism. In addition, teachers can also support the role of parents in providing sexual education at school. Keywords: Interpersonal Communication, Autistic Children, Sexual Education
Tahun :
2024
Cover :
dcd95-cover-skripsi-dian.pdf
Bab 1 :
9e03b-bab-1.pdf
Bab 2 :
49213-bab-2.pdf
Bab 3 :
c14b4-bab-3.pdf
Bab 4 :
d334d-bab-4.pdf
Bab 5 :
293e3-bab-5.pdf
Na :
A
Loading, updating changes...
UPT. Perpustakaan & UPT. TIPD UMRI
Kampus Utama : Jl. Tambusai / Jl. Nangka, Kecamatan Tampan
Kota Pekanbaru, Provinsi Riau
E-Mail :
pustaka@umri.ac.id
- Website :
http://lib.umri.ac.id
- Smart Library :
http://smartlib.umri.ac.id
- Jurnal :
http://jurnal.umri.ac.id
Smartlib v1.3 © 2019 UPT TIPD UMRI. All Rights Reserved.